Safina M H
safina.safira06@gmail.com

Ms. Word


 TIPS-TIPS
EDITING MICROSOFT WORD


office2007.pngMEMPEROTEKSI  FILE

 Buka file yang ingin dikunci
klik
       Review
       Protect Document
       restrict Formatting and editing
       ·  Klik kotak Limit formating to a selection of styles,
       ·  Klik juga kotak allow only this type of editing in the document
        No changes (Read Only)agar orang lain tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa membaca tulisan anda.  Atau bisa juga memilih pilihan yang lain,
       Tracked changes = orang lain masih bisa mengedit, tapi jika tulisan anda ada yang merubah atau menambahi, maka akan ada jejaknya.
       Comments = orang lain hanya di perbolehkan menambahi komen pada tiap tulisan anda.
office2.png
office3.pngSelanjutnya, klik Yes, start enforcing Protection
Pada kotak dialog start enforcing Protection, pilih password, lalu masukan password anda,  dan pilih OK, password ini berguna jika suatu saat anda ingin mengedit tulisan anda lagi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW_ltmGvb_OYREJO4v8rIfPDskbZOSVTavXjvbSgDw03oenHFILSH8UFkbthviMIUbawcHiSzFNfJ6BXDCkQAVdykZw5jg6vpoIpFl8_wG27yJ-lMAPAaD_HMkN2Mo0_iz7W7kmpxhUKA/s1600/tombol.jpgAnda juga bisa mencantumkan nama anda sebagai penulis (author) agar orang lain tahu klo dokumen ini anda yang nulis, caranya untuk office word 2007:
1. Klik gambar seperti gambar disamping (berada di pojok kiri atas, lalu pilih Prepare, trus klik properties.
2. Ketik nama anda pada kotak author , anda juga bisa menambahkan properti yang lainnya seperti title, subject, keywords, category, status, comments
jika kita meletakan kursor mouse di atas file word kita, maka properties file akan muncul otomatis, seperti gambar dibawah
  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhynbZOKJOZz9atkRAAeCMoBEqVwVvmqLsEJw_BhzwLYmufmy6ZCWlWL0-iyo9b5hnoEn2pXRXVkxJS06c_jZ6XJeisu8FE9l_Dw8Q_CWZoKtcokMqP19jyfeKLKfIh70elaGynXc_yqjA/s320/tahan1.jpg


LANGKAH
LANGKAH  MEMBUAT EFEK TEKS
          Seleksi paragraph yang di buat bayangan 

SagitariesZ  bersekolah di
SMK KESEHATAN BIM PPMU

         Pada tab Home, dalam grup Paragraph, klik panah di sebelah Border, dan kemudian klik
Border and shading .
  1. Di bagian Setting, pilih efek Shadow

 
Pada menu drop-down Width, pilih “2 1/2 pt” untuk bayangan tipis (sesuai selera juga boleh).
Klik OK. Lihat perubahan yang dilakukan Microsoft Office Word 2007.
 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW_ltmGvb_OYREJO4v8rIfPDskbZOSVTavXjvbSgDw03oenHFILSH8UFkbthviMIUbawcHiSzFNfJ6BXDCkQAVdykZw5jg6vpoIpFl8_wG27yJ-lMAPAaD_HMkN2Mo0_iz7W7kmpxhUKA/s1600/tombol.jpgLangkah langkah mempercepat pengetikan dalam ms word:
1). buka microsoft word
2). Jika sudah terbuka, kemudian klik pada office button. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini !
3). Klik pada bagian word option seperti terlihat pada gambar
4). Akan muncul jendela baru, kemudian klik proofing pada sidebar menu
5). setelah itu, kamu klik pada autocorrect option yang ada di pojok kanan atas.
6). Jika kamu tidak salah klik, maka akan tampil jendela baru seperti dibawah ini . 
disana terdapat dua kolom , yaitu replace dan with. Pada bagian replace , masukkan singkatan yang akan kamu gunakan, sedangkan pada bagian with, masukkan kata atau kalimat yang akan kamu singkat mengunakan kata kunci yang kami ketik pada bagian replace tadi.






Pada contoh diatas ( lihat gambar ) , saya ingin menyingkat kata kabupaten dengan hanya menggunakan kata kunci kab. Kata kunci atau singkatan yang dipakai hanya suka suka kita saja alias tidak baku, Jadi seenak kita sjalah .
Setelah kedua kolom tersebut telah kamu isi, klik add untuk menambahkan.
 7). Lakukan langkah 6 diatas secara terus menerus ( tergantung berapa banyak kata atau kalimat yang ingin kamu singkat ) untuk menambahkan kata atau kalimat yang akan kamu singkat. Jika sudah, klik ok.


Membuat tulisan arab di ms.word
·  Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah font arab dan CD Windows anda.
·  Install terlebih dahulu font arab anda. Jika belum punya silahkan download pada link dibawah.
·  Buka control panel kemudian klik ganda pada Regional and Language Options
·  Pada jendela yang muncul buka tab Languages, kemudian beri tanda centang pada Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai), Jika muncul popup klik saja OK.
Masih pada jendela yang sama, buka tab Advanced. Beri tanda centang pada 10004 [MAC-Arabic] kemudian klik Apply dan OK
Regional and language options pengaturan bahasa arab di ms word
masukkan cd windows·  Muncul permintaan untuk memasukkan CD Windows anda, Masukkan CD windows anda ke CD Rom kemudian klik OK maka windows akan melakukan copy beberapa file yang dibutuhkan. Jika ada permintaan restart, restart saja.
·  Masih pada jendela Regional and language options, buka tab Languages kemudian klik Details
bahasa arab di ms word  details
·  Pada jendela yang muncul klik Add
·  pada input languages pilih Arabic [Saudi Arabia] kemudian klik OK. klik OK lagi
mengetik arab di Ms Word 
·  Pada taskbar pastikan language bar telah muncul. Jika sudah muncul klik pada language bar kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia)
·  Sekarang anda sudah bisa mengetik arab di Ms Word. Agar tulisan dari kanan ke kiri aktifkan terlebih dahulu Right-to-Left Text Direction
arabic language bar right to left direction
·  Sampai sini anda telah dapat menulis arab di Ms Word, namun untuk angka arabnya masih belum bisa. Untuk itu Klik Customize Quick Access Toolbar kemudian pilih More Commands.
·  Pilih advance, pada panel sebelah kanan  cari Show document content. pada pilihan numeral ubah Arabic dengan Context dan klik OK
more commands menulis angka arab
·  Selesai, sampai disini anda telah dapat menggunakan Ms Word untuk mengetik arab beserta angkanya. Untuk merubah bahasa klik pada language bar kemudian pilih EN English


CARA KAPASITAS  RECENT DOKUMENT
Langkah
          Membuka ms word 2012
          Klik logo office ( di pojok kiri atas) kemudian klik pada “word options”( di bagian bawah)
          Setelah muncul jendela “word opsions” kemudian pilih “advenced”
          Advenced kemudian arahkan ke bagian “ display” (dengan cara menggeserkan cursor  ke bawah) pada” show this number of recent dokumen” kemudian isikan jumlah  recent dokumens yang kita ingin kan.  Kita dapat mengisikan hingga maksimal 50 recent dokuments.


0 komentar: